Hormon Progesteron dan Kontrasepsi Hormonal

Hormon Progesteron dan Kontrasepsi Hormonal

1. Hormon Progesteron

A. Pengertian Hormon Progesteron

Progesteron adalah hormon steroid yang berperan dalam siklus menstruasi wanita, mendukung proses kehamilan, dan embriogenesis. Progesteron tergolong kelompok hormon progesteron, dan merupakan hormon progesteron yang banyak terdapat secara alami.
Tanaman Dioiscorea mexicana mengandung senyawa steroid diosgenini, yang dapat diubah menjadi progesteron di laboratorium. Tanaman lain yang dapat dimanfaatkan untuk mensintesis progesteron adAlah Dioscorea pseudojaponica dan Dioscorea villosa.
Pada manusia dan beberapa binantang, progesteron diproduksi di ovarium, pada otak, selama kehamilan dan pada plasenta.
Pria dan wanita sama-sama memproduksi progesteron, namun wanita tercatat memproduksi hormon progesteron dua kali lebih banyak dibanding pria.
Wanita menggunakan progesteron bersama dengan hormon wanita lain seperti estrogen untuk memfasilitasi proses reproduksi. Progesteron ditemukan di ovarium, kelenjar adrena, dan plasenta.
Progesteron juga disimpan dalam sel lemak tertentu. Diluar tubuh manusia, progesteron dapat ditemukan dalam satu jenis ubi tertentu.
Wanita yang telah mengalami menopause dan gadis remaja prapubertas memiliki kadar progesteron yang sangat rendah.
Seorang wanita yang memiliki tingkat rendah progesteron selama masa aktif reproduksi disebut mengalami defisiensi atau kekurangan progesteron.

Gejala kekurangan progesteron meliputi menstruasi yang tidak teratur, kista ovarium, dan keguguran. Seorang wanita yang diduga mengalami kekurangan progesteron akan diminta untuk melakukan pemeriksaan sampel darah.

B. Progesteron memiliki efek fisiologis

Efek pada sistem reproduksi

  • Menyiapkan uterus (rahim) untuk kehamilan.
  • Menurunkan pergerakan otot halus uterus (rahim).
  • Menghambat laktasi selama kehamilan.
  • Penurunan kadar progesteron selama masa kehamilan mungkin menjadi awal mula proses kelahiran bayi.
  • Mempertebal dinding endometrium setelah terjadi ovulasi.
  • Menghambat laktasi saat kehamilan.
  • Mencegah kanker4 endometrium, dengan cara mengatur estrogen.

Oleh karena ketersediaan hayati progesteron sangat buruk ketika digunakan oral, maka hormon ini banyak disintesis sebagai progestin, akan tetapi progestin hanya diproduksi untuk menyerupai efek progesteron pada uterus.

Progesteron selama perkembangan payudara
Pubertas seorang wanita ditandai oleh menstruasi dan perkembangan payudara. Payudara mulai tumbuh beberapa tahun sebelum menstruasi yang didorong oleh estrogen, prolaktib, dan hormon lainnya.
Saat terjadi kekurangan progesteron, seorang wanita berpotensi mengalami hambatan perkembangan saluran air susu dan kelainan perkembangan bentuk payudara.

2. Konsepsi Hormonal

A. Definisi Kontrasepsi Hormonal

Kontrasepsi hormonal adalah alat atau obat kontrasepsi yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kehamilan dimana bahan bakunya mengandung preparat estrogen dan progesteron.

kontrasepsiSelama tahun-tahun reproduksi, lebih dari 80% wanita di Amerika Serikat menggunakan beberapa bentuk kontrasepsi hormonal, seperti kontrasepsi oral atau pil, patch, single-rod progestin dan implan lainnya, suntikan, cincing vagina, dan intrauterine device (IUD). Selain untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan, kontrasepsi hormonal digunakan untuk mengobati gangguan menstruasi termasuk disminore dan menoragia dengan efektif.
Kontraspesi hormonal dapat diberikan secara oral dalam bentuk pil atau injeksi. Pil kontrasepsi mengandung kombinasi antara estrpgen dan progesteron. Sedangkan sediaan injeksi hanya mengandung progesteron saja.

B. Macam-macam Kontrasepsi Hormonal

Alat kontrasepsi modern yaitu bisa berupa pil, AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim), suntik, pil kombinasi, IUD, dan susuk.
Semua jenis kontrasepsi tersebut tentunya memiliki mekanisme yang berbeda. Namun pada keuntungan dan kerugiannya terdapat beberapa kesamaan. Efek samping dari kontrasepsi yaitu seperti gangguan haid, terjadinya pendarahan, timbulnya jerawat, keputihan, serta terjadinya peningkatan berat badan.

Hormon Progesteron snagat dibutuhkan sekali untuk semua wanita, apalagi jika sedang masa kehamilan. Ketika pada saat hamil, anda mengalami penurunan atau kekurangan hormon progesteron, maka anda harus segera bergerak untuk mencari obat alami atau herbal yang dapat meningkatkan hormon progesteron secara ampuh. Kami rekomendasikan anda untuk mengkonsumsi Jus Herbal ACE MAXS. Simak informasi lengkapnya di laman => Obat Untuk Meningkatkan Hormon Progesteron.

Terimakasih sudah menyimak, semoga bermanfaat untuk anda 😉

obathormonprogesteron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *