Hubungan Antara Progesteron dan Kesehatan Otak

Hubungan Antara Progesteron dan Kesehatan Otak | Beberapa studi melakukan penelitian yang membuktikan efek saraf progesteron, tidak adanya efek samping neurologis, dan manfaat untuk fungsi kognitif. Baca juga : Obat Untuk Meningkatkan Hormon Progesteron Rendah

Hubungan Antara Progesteron dan Kesehatan Otak

Oleh Margaret N. Groves Penulis Ilmiah, Laboratorium ZRT, Beaverton, Oregon

Hubungan Antara Progesteron dan Kesehatan Otak

Banyak wanita yang akrab dengan progesteron sebagai hormon yang sangat penting untuk kesuburan dan untuk mempertahankan kehamilan. Bahkan, nama itu sendiri berarti “mempromosikan kehamilan.” Setelah kehidupan reproduksi wanita mulai berkurang dan dia masuk perimenopause, produksi progesteron dalam ovarium mulai menurun. Pada saat ia mencapai menopause, tingkat sirkulasi progesteron sangat rendah, hormon progesteron juga sama dengan yang biasanya terlihat pada pria.

Namun, progesteron tidak hanya sebagai agen kehamilan. Penelitian sekarang menemukan bahwa manfaat dari progesteron mencapai kesehatan payudara, kesehatan jantung, dan kesehatan sistem saraf, yang paling penting fungsi otak. Dalam artikel ini kita akan melihat lebih dekat betapa pentingnya progesteron untuk kesehatan otak.

Progesteron sebagai “neurosteroid”

Sebagai hasil dari fungsi penting dalam sistem saraf, progesteron telah diklasifikasikan sebagai “neurosteroid“. Hal ini sangat penting bahwa hal itu berasal dari dua tempat yang berbeda untuk mencapai otak: pertama, sel-sel di otak, sumsum tulang belakang, dan sistem saraf perifer semua mensintesis progesteron dari kolesterol. Kedua, progesteron yang beredar dalam aliran darah juga memiliki akses langsung ke otak dan saraf.

Fungsi otak normal tidak hanya diperlukan untuk sistem saraf. Peran penting dari progesteron adalah untuk melindungi otak dari kerusakan dan mempromosikan perbaikan setelah cedera. Hormon progesteron benar-benar melakukan hal ini dengan mempromosikan pertumbuhan dan perbaikan selubung myelin yang melindungi serabut saraf.

Progesteron melindungi otak dari kerusakan setelah cedera otak traumatis

Sekitar 20 tahun yang lalu, para peneliti yang sedang mempelajari tikus setelah cedera otak membuat observasi yang signifikan. Tikus betina yang pada saat cedera otak, yang pada tahap siklus reproduksi mereka ketika tingkat progesteron yang tertinggi, memiliki kerusakan otak secara signifikan kurang dari tikus jantan atau betina dengan tingkat progesteron rendah. Penelitian tersebut dipimpin akhirnya studi klinis manusia, yang telah menemukan hidup bahwa dosis tinggi progesteron alami telah meningkat secara signifikan pasien dari cedera otak traumatis.

Satu percobaan, diberi nama “melindungi”, pasien perawatan intensif acak dengan cedera otak traumatis akut baik dosis tinggi suntikan progesteron selama 3 hari atau suntikan plasebo. Sementara semua pasien pada risiko yang sangat tinggi dari kematian, hanya 13% dari pasien yang diobati progesteron meninggal karena luka otak mereka dibandingkan dengan 30% dari pasien yang diobati dengan plasebo.

Sebuah tinjauan yang diterbitkan tahun ini menunjukkan bahwa tidak hanya harus progesteron digunakan untuk mengobati cedera otak traumatis, tetapi itu juga mungkin memiliki peran dalam mengobati stroke, karena efek protektif yang kuat pada jaringan otak. Ini adalah daerah yang sangat menarik dari penelitian progesteron, sebagai peneliti dan dokter mengakui fakta bahwa progesteron alami memiliki profil keamanan yang sangat baik tanpa efek samping jangka panjang, sehingga calon yang baik untuk terapi dosis tinggi yang juga dapat dilakukan dalam lingkungan rumah sebagai pasien yang sembuh.

Progesteron dan perkembangan otak – anak-anak bisa lebih cerdas?

Ada bukti dipublikasikan bahwa anak-anak perempuan yang diobati dengan progesteron selama kehamilan menunjukkan peningkatan pembangunan pada masa bayi, mencapai hasil akademis yang lebih baik pada usia 9-10, dan secara signifikan lebih mungkin untuk menghadiri universitas. Sementara para peneliti mengakui bahwa pengobatan progesteron tidak bisa diklaim untuk mempromosikan generasi baru “brainiacs“, manfaat diamati dapat dijelaskan oleh fakta bahwa itu adalah penting untuk perkembangan optimal otak yang normal pada janin. Jika kadar progesteron yang terlalu rendah, perkembangan otak yang normal mungkin akan terpengaruh, menempatkan bayi pada kerugian perkembangan.

Progesteron memudahkan kecemasan dan memfasilitasi memori

Progesteron alami memetabolisme dalam jaringan otak ke allopregnanolon metabolit, yang dikenal untuk menghasilkan menenangkan, anti-kecemasan dan efek memori mungkin ditingkatkan. Ada beberapa spekulasi bahwa hal itu bisa menjadi penting dalam melestarikan fungsi kognitif pada wanita mengalami penurunan kadar progesteron dengan usia. Namun, penting untuk dicatat progesteron yang diproduksi oleh jaringan otak itu sendiri, sehingga penurunan kadar progesteron darah menurun produksi ovarium mungkin tidak sepenting proses penuaan lainnya yang memiliki efek langsung pada fungsi otak. Ini akan menarik untuk melihat penelitian lebih lanjut tentang ini sebagai penuaan wanita semakin menggunakan progesteron dalam penggantian hormon.

Progesteron sebagai bantuan tidur?

Wanita menggunakan progesteron oral dapat melihat efek sedatif, dan dokter biasanya merekomendasikan bahwa bentuk lisan diambil pada waktu tidur (sebenarnya, sering ada  “efek samping” yang membantu menangkal sulit tidur perimenopause!) Pada dasarnya, ada yang besar kuantitas metabolit yang dihasilkan di hati setelah progesteron oral diserap oleh usus. Metabolit ini telah dikenal obat penenang dan efek hipnotis.

Di sisi lain, wanita yang menggunakan krim progesteron tidak menghasilkan metabolit dalam jumlah besar seperti itu karena progesteron yang diserap melalui kulit dan melewati metabolisme hati. Namun, seperti yang dinyatakan sebelumnya, beberapa wanita mungkin mengalami efek menenangkan setelah menggunakannya dalam bentuk krim.

Progestins vs Progesteron: efek yang sama?

Progestin sintetis molekuler berbeda dari progesteron alami dan karena itu tidak memetabolisme untuk senyawa yang sama dengan progesteron alami. Mereka tidak menunjukkan manfaat untuk fungsi kognitif atau anti-kecemasan. Bahkan, mereka belum ditemukan untuk memiliki properti neuroprotektif progesteron ini. Progestin yang paling banyak dipelajari dan yang umum digunakan dalam terapi penggantian hormon sintetis, adalah MPA (medroksiprogesteron asetat), telah ditemukan memiliki efek negatif pada sistem saraf dan bahkan mengurangi efek menguntungkan dari estrogen.

obathormonprogesteron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *